POSYANDU REMAJA PERDANA TAHUN 2023

  • Feb 26, 2023
  • Muhammad jamaludin
  • KESEHATAN

Halo Sobat SIGAP....!! Salam sehat dari admin nih.....

Sobat SIGAP sudah tahu, kalau saat ini ada kegiatan baru yang melibatkan remaja di desa. Apa ya nama kegiatan itu??

Berikut simak ulasan singkat dari admin!!

Ya, sekarang ini ada kegiatan Yang sudanh Berjalan Sekitar Satu Tahun Lalu yang melibatkan remaja di Desa, termasuk Desa Tlogomulyo Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Nama kegiatan tersebut adalah Posyandu Remaja atau Pos Pelayanan Terpadu Remaja.

Lantas, apa sih posyandu remaja itu??

Posyandu remaja adalah kegiatan berbasis kesehatan yang diperuntukkan khusus untuk remaja. Kegiatan ini akan membahas mengenai kesehatan fisik dan mental dengan tujuan membantu perkembangan remaja.

Remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Masa remaja sering disebut masa terlabil, di mana seorang anak berusaha mencari jati dirinya. Dalam fase ini, mereka akan melakukan penyesuaian dengan lawan jenis, perubahan pola perilaku, dan sosialisasi dengan lingkungan sekitar. Saat memasuki masa remaja, seseorang akan cenderung memisahkan diri dari keluarga.

Maka tidak salah jika dikatakan bahwa masa remaja adalah masa rentan dengan berbagai permasalahan. Mulai dari permasalahan dengan diri sendiri, keluarga, hingga permasalahan dengan perkembangan zaman.

Oleh karena itu, perlu ada pendampingan dan pembinaan agar remaja tidak terjerumus pada hal negatif yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya.

Nah, yang menjadi sasaran Posyandu Remaja adalah anak remaja dengan usia 10 s/d 18 tahun. Berdasarkan data yang admin peroleh sasaran Posyandu Remaja Desa Tlogomulyo Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan ada 276 anak. Dan pelaksanaan perdananya pada Bulan Februari , minggu (26/02/2023) dengan jumlah kehadiran 50 anak.

Desa Tlogomulyo bersama dengan Bidan Desa dan Kader FKDesa melaksanakan Posyandu Remaja pertama di awal tahun 2023 yang bertempat di gedung Balai Desa Tlogomulyo Kec.Gubug KAB.Grobogan.

Posyandu ini merupakan rintisan dari Posyandu Yang menjadi Salah satu program kesehatan prioritas dalam anggaran.

Sasaran Posyandu remaja ini adalah remaja Desa Tlogomulto yang berasal dari 5 dusun; yaitu Dusun Bantengan Pilang , Bantengan , Pengkol jati , Klatak , Tempurung, baik laki-laki maupun perempuan. Pada kegiatan posyandu perdana tersebut, para remaja terlihat sangat antusias mengikutinya. Mereka melakukan cek lingkar pinggang, tinggi badan, tekanan darah, kadar gula dan di berikan tablet tambah darah khusus bagi remaja putri yang rentan anemia.

Kemudian, apa ya manfaatnya mengikuti posyandu remaja??

Tenang Sobat SIGAP.., tentu ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan ini. 

Berkaitan dengan hal ini, posyandu remaja juga menyediakan pelayanan kesehatan, termasuk pemberian informasi kesehatan maupun informasi penting lainnya kepada remaja.

Berikut adalah beberapa manfaat dari posyandu remaja:

1. Memperoleh pengetahuan mengenai kesehatan
2. Membekali remaja keterampilan hidup sehat
3. Sebagai sarana sosialisasi remaja
4. Kesehatan akan terus terpantau

Apa saja kegiatan posyandu remaja?
Sama seperti posyandu lainnya, posyandu remaja juga melakukan kegiatan pengecekan kesehatan dan konseling. Hanya saja, posyandu remaja lebih menekankan pada edukasi kesehatan remaja, atau lebih tepatnya pemberdayaan untuk mengenali diri sendiri dan mengenali masalah dalam diri beserta solusinya. Berikut ini penjelasan mengenai kegiatannya.

1. Pengisian kuisiner kesehatan
Bagi Kamu yang baru pertama kali mengikuti posyandu remaja, biasanya setelah mendaftar akan diarahkan untuk mengisi formulir data diri dan pengisian kuisioner kesehatan.

2. Pemeriksaan kesehatan
Kegiatan selanjutnya adalah pemeriksaan kesehatan, yang meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, mengukur tekanan darah, lingkar lengan atas dan lingkar perut, serta pengecekan anemia pada remaja putri. Apabila ada tanda klinis anemia, seseorang akan dirujuk ke fasilitas kesehatan.

3. Pelayanan kesehatan
Pelayanan kesehatan akan diberikan sesuai dengan permasalahan masing-masing, seperti konseling, pemberian obat atau vitamin, menjelaskan mengenai kondisi kesehatan tertentu, dan merujuk remaja ke fasilitas kesehatan jika diperlukan.

4. Kegiatan berbeda setiap bulannya
Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama setelah semua remaja melewati beberapa tahap di atas. Materi kegiatan ini dapat berupa penyuluhan, pemutaran film, bedah buku, pengembangan soft-skill, atau senam.